Reflection (1)

Kata orang, perlu waktu 3 minggu untuk mengubah kebiasaan/habit. Maksudnya, butuh waktu 21 hari perjuangan (spesifik : self effort, self determination ) untuk menghentikan sesuatu yang rutin dilakukan atau membiasakan melakukan sesuatu yang tidak rutin dilakukan hingga menjadi suatu kebiasaan.

Hal ini terlihat pada Dio sepulang dari Pelatnas 3 minggu di Bandung tanpa Play Station, lost his interest in that evil entertainment device. Tapi…dengan 3 minggu pembiasaan spending time dengan Play Station, keadaan kembali seperti hari-hari week end sebelum Pelatnas.

Lain halnya dengan pengalaman yang dijalani dalam jangka waktu yang lebih lama, tahunan misalnya, akan membentuk rutinitas, pola pikir dan ketertarikan yang lebih menetap.

Kalau mencoba menelaah perjalanan hidup, ada beberapa hal yang kita lalui dan secara tidak disadari telah mengubah atau paling tidak mewarnai hari-hari selanjutnya.

“Reflection” mencatat sebagian dari hal-hal yang memberi warna dalam kehidupan.

Salah satunya adalah masa empat tahun aku mengenal Tatami Judo dan 2 kali Kejuaraan Nasional, sempat mengenal seorang Sensei Tsuneo Sengoku. Ia yang sempat tinggal dan coaching di Tatami Dharmajaya telah memberi kesan mendalam pada masa remajaku. Passion nya membuat ia melakukan segalanya buat perkembangan Judo di jagat ini. Dari melakukan perjalanan panjang untuk coaching ke negara-negara asing dengan meninggalkan keluarga dalam waktu yang lama, sampai dimasa senjanya ia masih tetap aktif dalam kegiatan pembinaan  Judo. Rey baru-baru ini sempat mengirim kabar mutakhir tentang Sensei Sengoku, rupanya dia pun terkesan dengan sosok yang satu ini.

Memang passionate dengan apa yang kita kerjakan akan membuat perbedaan dan kadang kala tanpa kita sadari hal ini dapat menyentuh kehidupan orang lain. Sebaliknya penyelesaian atau eksekusi tugas yang asal-asalan pun akan tampak nyata. So…put all of our effort dalam segala hal yang kita kerjakan. Totalitas yang membedakan……It makes the difference.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s