The kind of suspense I liked

Akhirnya kuputuskan untuk nonton selama menunggu Ditto instead of bolak balik ke Serpong untuk antar dan jemput. Berdasarkan waktu yang tersedia aku memilih Valkyrie yang akan selesai pukul 16.45

Valkyrie

Valkyrie

Ceritanya tentang plot 20 Juli 1944 yang digagas perwira Nazi yang muak kepada Hitler dan merencanakan pembunuhan Hitler.

Melalui amandemen Operation Valkyrie, Colonel Claus von Stauffenberg (diperankan oleh Tom Cruise) mencoba menggunakan pasukan cadangan ( yang di bentuk oleh Hitler sendiri ) untuk melumpuhkan SS dan pemerintahan yang mendukung Hitler. Kata Valkyrie diambil dari “Ride of the Valkyrie” pembuka act 3 dari “Die Walkure” oleh Richard Wagner.

Diluar kontroversi penolakan keluarga Stauffenberg terhadap pemberian peran ini, Cruise sendiri cukup pandai memainkan mimik muka dan aku rasa cameraman pun cukup paham bagaimana mengeksplorasi pergerakan otot muka Cruse dengan banyak mengambil close up.

Secara keseluruhan, aku suka film ini, mengingatkan film pada masa SMP dan SMA pada saat sering diajak nonton bareng Papa dan Mama. Ketegangan yang dibangun perlahan dari taktik, perencanaan, serta presisi pelaksanaannya, bukan oleh horor, hantu atau hal-hal yang tiba-tiba serta bukan action yang penuh darah atau kekerasan. Bukan seperti film 007 yang sudah pasti jagoannya tak terkalahkan.

Film ini mengingatkan pada film, Tobruk, Guns of Navarone, Tora, Tora, Tora dll….

Satu lagi film Cruise yang aku suka sesudah “The Last Samurai”

BTW aku jadi ingat film “Firelight” nya Sophie Marceau…. (I wonder..nyari dimana ya?) yang sebenarnya materi ceritanya sudah dapat ditebak dari awal juga aku tidak suka jalan ceritanya. Tapi kekuatan akting, terutama mimik, Sophie Marceau dan Stephen Dillane yang membuat film ini unforgettable. Mimik mereka bicara banyak tanpa dialog, menunjukan passion dan desire tanpa vulgar.

One thought on “The kind of suspense I liked

  1. Ping-balik: Valkyrie » The kind of suspense I liked

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s