Mongolians

Film Mongol yang aku tonton menambah faset pandangan tentang bangsa ini.

Persepsi ku tentang bangsa ini tentu saja tidak jauh dari kekerasan.

Alam yang tidak bersahabat, kehidupan yang keras ditambah riwayat sebagai penakluk membuat pandangan ku hanya memiliki satu sudut.

Interaksi dengan tigapuluhan remaja Mongol di Queensway Hostel, Singapore, Juli lalu seperti memakzulkan sudut pandang yang lain.

Bayangkan bagaimana tigapuluhan remaja dengan usia antara 8 hingga belasan tahun berkelana jauh dari keluarga dan tanah kelahiran selama berbulan-bulan.

Pagi hari mereka akan pergi, menurut dugaan Uncle pengurus hostel mereka mengikuti short course, tengah hari baru pulang. Lalu masak dan lunch di halaman. Malam hari mereka masak lagi untuk dinner, juga di halaman.

Nah kegiatan diluar ini adalah membunuh waktu dengan ngobrol dengan suara riuh, badminton, kadangkala BBQ. Berbulan-bulan.

Maklum mereka bangsa nomad, kata hati ku.

Melihat penampilan mereka, Rey berkesimpulan kalau mereka datang dari keluarga berkecukupan. Kemana keluarga mereka? Apa tujuan mereka?

Percobaan untuk berkomunikasi dengan mereka di dekat washer dan dryer terhenti pada kalimat ke lima, english mereka sulit dimengerti. Namanya pun sulit diingat, hilang dari memori pada menit ke 8.

Mereka masih ”strangers” sampai kami meninggalkan hostel di hari ke 7.

Film Mongol menceritakan tentang Tiamujin dari masa kecilnya hingga menjadi Genghis Khan si penakluk. Bagaimana kehidupan keras serta pahit harus ia lalui bahkan seringkali terpisah dari Borte, perempuan yang dipilihnya di usia 9 tahun.

Tidak terlihat romace antara Tiamujin dan Borte tetapi ada ikatan yang luar biasa diantara mereka.

Pada saat Jamukha mengatakan bahwa Mongol tidak berperang untuk perempuan melainkan memilih perempuan lain, Tiamujin menjawab bahwa ia ingin Borte, istrinya yang dilarikan musuh. Tiamujin merebut istrinya kembali tetapi dikali yang lain, Borte akan melakukan segalanya untuk membebaskan Tiamujin.

Hmmnn…film ini quite impressive.

mongol


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s